Thursday, July 24, 2014

VISI dan MISI Bank Syariah Indonesia

VISI dan MISI Bank Syariah Indonesia – sebuah pengantar

Bank Syariah merupakan topik yang hingga saat ini ramai diperbincangkan. Bahkan, kian hari kian meningkat grafiknya. Sub-topiknya pun beragam. Mulai dari prinsip kesyari’ahannya, hingga hal-hal menyangkut implementasi pada tataran pelaksanaan. Ditengah-tengah dialektika mengenai perbankan Syariah, dalam konteks Indonesia pertanyaanya adalah apa Visi dan Misi Bank Indonesia sebagai bank sentral terkait dengan dunia perbankan Syariah?

VISI dan MISI Bank Syariah Indonesia – sebuah kajian

VISI dan MISI Bank Syariah Indonesia
Sumber: diambil dari bundel laporan tahunan BI terkait perkembangan perbankan syari’ah
Pada gambar di atas tertulis bawa:

Visi BI terkait Bank Syari’ah Indonesia adalah

“Terwujudnya sistem perbankan syariah yang sehat, kuat dan istiqamah terhadap prinsip syariah dalam kerangka keadilan, kemaslahatan dan keseimbangan, guna mencapai masyarakat yang sejahtera secara material dan spiritual (falah)”

Misi BI terkait Bank Syari’ah Indonesia adalah

“Mewujudkan iklim yang kondusif untuk pengembangan perbankan syariah yang kompetitif, efisien dan memenuhi prinsip syariah dan prinsip kehati-hatian, yang mampu mendukung sektor riil melalui kegiatan berbasis bagi hasil dan transaksi riil dalam rangka mendorong pertumbuhan ekonomi nasional”
Saya berharap melalui artikel VISI dan MISI Bank Syariah Indonesia, diskusi-diskusi mengenai dunia perbankan syari’ah bisa lebih terarah, serta memberikan kontribusi positif atas pertumbuhan dunia perbankan syari’ah di Indonesia. Baik pada tataran prinsip-prinsip kesyari’ahannya, hingga pada wilayah implementasinya.
Berikutnya, kami akan membahas mengenai laporan tingkat pertumbuhan bank syari’ah di Indonesia. Data terakhir menyebutkan bahwa dilihat dari sisi aset, pertumbuhannya mencapai ±34% dibanding dengan tahun sebelumnya. Dari sisi pembiayaan, pertumbuhannya mencapai ±44% dengan NPF Gross (BUS dan UUS) yang terkendali. Dan ini berati bahwa kondisi bank syari’ah di Indonesia saat ini sangat baik, dengan tren pertumbuhan yang terus meningkat. Selebihnya, akan dipaparkan dalam artikel Pertumbuhan Bank Syariah di Indonesia 2014.

No comments:

Post a Comment